SI KUPI GULA AREN OKU SELATAN

(INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MENGGUNAKAN LAYANAN DARING URUS DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN)

 

Semenjak dimekarkan pada tanggal 7 Januari 2004 yang lalu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan terus berpacu dengan waktu dalam mengembangkan potensi-potensi dan segala sumber daya serta terus  melakukan pembangunan di segala bidang untuk menjadi Kabupaten yang terdepan di Sumatera Selatan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten OKU Selatan yang bergerak di pelayanan publik berkewajiban untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan. Selama ini masyarakat yang akan melakukan perekaman/pencetakan KTPel ataupun mengurus dokumen lainnya harus mendatangi kantor Disdukcapil yang berada di Ibukota Kabupaten. Terdiri dari 19 Kecamatan, 252 Desa dan 7 Kelurahan dengan total jumlah penduduk sebesar 416.797 jiwa dengan morfologi sebagian besar daerah perbukitan dan penggunungan tentunya butuh pengorbanan bagi masyarakat baik waktu, jarak, maupun biaya transportasi.

Untuk itu perlunya pengembangan Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Menggunakan Layanan Daring Urus Dokumen Kependudukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan disingkat dengan SI KUPI GULA AREN OKU SELATAN.

Inovasi SI KUPI GULA AREN OKU SELATAN ini diharapkan dapat mengefektif dan mengefisienkan layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat serta dapat mengurangi tatap muka di saat pandemic covid 19 sedang melanda. Karenanya dapat dilakukan pengurusan serta pencetakan dokumen kependudukan dirumah saja dengan mengakses layanan dukcapil melalui ponsel pintar.