Berdasarkan PERATURAN BUPATI NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BUPATI NOMOR 24 TAHUN 2017 TENTANG TUGAS DAN FUNGSI DINAS DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi:

  1. penyusunan program dan anggaran;
  2. pengelolaan keuangan;
  3. pengelolaan perlengkapan, urusan tata usaha, rumah tangga dan barang milik daerah
  4. d. pengelolaan urusan Aparatur Sipil Negara;
  5. penyusunan perencanaan di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi  kependudukan, kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  6. perumusan kebijakan teknis di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, kerja sama, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  7. pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk;
  8. pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil;
  9. pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan;
  10. pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan;
  11. pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  12. pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  13. pembinaan, koordinasi, pengendalian bidang administrasi kependudukan;